Jumat, 06 Februari 2015

Cara membuat Charger Aki Otomatis untuk aki Kering&Basah

Cara membuat Charger Aki Otomatis untuk aki Kering&Basah

cas akiHai Gaes.. Pada kesempatan kali ini akan membahas bagaimana cara membuat Charger Aki Otomatis. Aki merupakan salah satu komponen yang penting untuk sistem kelistrikan kendaraan anda. Terutama kendaraan yang menggunakan sistem ECU (Electronic Control Unit) atau lebih dikenal dengan Injeksi sebagai pengganti karburator untuk memasukan bahan bakar kedalam mesin.

Aki berfungsi sebagai sumber energi listrik pada ECU, sebelum mesin kendaraan di hidupkan yang di tandai dengan bunyi "Ttrriiiittt" panjang saat kontak kita ON-kan. Jika aki kendaraan anda tekor tentu saja akan membuat sistem ECU serta perangkat lain seperti klakson dan lampu sein tidak bekerja secara maksimal, maka dari itu alangkah baiknya men-Charger Aki pada kendaraan anda.

Bagai mana cara men-Charger Aki otomatis? Apakah aki bisa di charger? Jawaban nya : Aki itu bisa di charger atau di isi ulang, karena aki memiliki lebih dari satu sel. Cara mengisi ulang aki sangat mudah, anda tinggal memasang kutub (+) charger ke (+) pada Aki, dan (-) charger pada (-) Aki. Anda juga dapat membuat charger aki sendiri, lihat gambar skema di bawah ini :

Skema charger aki otomatis

Kami tekankan bahwa charger aki tidak harus menggunakan arus yang besar. Kebutuhan arus di sesuaikan dengan spesifikasi yang tertera pada aki, jika arus yang dipakai tidak sesuai dengan spesifikasi yang di sarankan maka akan berakibat buruk bagi aki itu sendiri. Satu hal lagi yang harus di perhatikan dalam pengisian aki, yaitu waktu atau lamanya pengisian.

Pengisian aki dengan arus listrik yang besar akan lebih cepat, namun akan berakibat pada usia aki akan semakin pendek. Pengisian aki yang baik adalah dengan arus listrik yang kecil, akan tetapi memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk menghitung waktu berapa lama pengisian aki silahkan gunakan rumus di bawah ini :


Jadi untuk menentukan berapa lama waktu untuk mengisi aki terserah anda, jika anda ingin pengisian cepat maka gunakan charger aki dengan arus yang agak besar. Tetapi ingat! output arus tidak lebih dari 20 % dari arus yang tertera pada aki (Ah). Jika anda bertanya angka 20 % pada rumus adalah inefisiensi rata2 pabrikan Accu ketika di charge untuk mengisi dari jam ke jam hingga penuh.

Skema charger aki otomatis di atas di lengkapi dengan sistem pemutus arus OTOMATIS menggunakan relay. Jadi jika aki sudah terisi penuh, maka secara otomatis arus pengisian akan terputus dan aki akan aman dari lamanya waktu pengisian yang berlebihan. Akan tetapi jika anda kesulitan dalam membuat sistem otomatis nya, silahkan lihat skema yang lebih sederhana di bawah ini :

cas aki sederhana
rangkaian penyearah adaptor
Pilih arus sesuai dengan kebutuhan anda, serta ubah nilai kapasitor menjadi minimal 6.000uF/ x volt (pilih tegangan kapasitor sedikit diatas tegangan kerja adaptor, misal 6.000uF/25 volt untuk output 15-18 v) agar charger tidak drop saat di beri beban aki, untuk tegangan output usahakan lebih tinggi sedikit dari tegangan aki (kisaran 13-15Volt jika aki anda memiliki tegangan 12 V).
Anda juga bisa menambahkan LED indikator sebagai penanda bahwa rangkaian sudah ON (LED di seri dengan R 1k agar tidak terbakar). Di bawah ini akan kami tunjukan charger aki sederhana buatan kami sendiri dengan spesifikasi sebagai berikut; Tranformator 3 A, tegangan 15 V, penyearah dengan 2 dioda+ Led indikator.
cas aki sederhana

charger aki
Simpelkan...? Munkgin sampai disini dahulu pembahasan tentang cara membuat Charger Aki otomatis. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi anda. Update terus, jangan ketinggalan pembahasan bagaimana kwalitas aki yang baik, dan cara perawatan aki yang benar agar awet. Selamat Mencoba..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar