Rabu, 04 Februari 2015

Cara memasang power amplifier pada mobil

Beberapa bulan yang lalu, si Kebo Taft GT saya terkena musibah. Power Amplifier bawaan pas saya beli si Kebo terbakar. Saat itu saya mau pergi, kontak “on” mesin menyala putar mp3. Setelah mulai jalan tiba-tiba keluar asap di bawah jok kiri. Wew… sesaat panik melanda, langsung mesin dimatikan dan buka kap mesin lalu kabel positif (+) aki dicabut. Sambil deg-deg’an tengok bawah jok sambil tutup hidung karena masih ada asap berbau pahit. Dan benar power audio bawaan kebo panas. Jadi saya pastikan bahwa asap tadi berasal dari power yang kebakar tersebut. :cry:
image
Ini yang hangus :sad:
image
Selanjutnya selama beberapa bulan jalan-jalan dengan si kebo tidak ada hiburan yang menemani selain suara kasar mesin diesel dan “gemblodagh”nya dashboard khas mobil jip dengan per rigid :lol:

Kemudian alhamdulillah kemarin pas ada rejeki iseng-iseng buka berniaga.com, saya membaca ada penawaran power audio 2nd yang relatif masih baru karena baru dipake beberapa minggu tapi seller kurang puas dan beli merk lain. Kebetulan seller orang jogja juga, setelah chat dan janjian ketemuan akhirnya deal saya beli barang tersebut.
berniaga
Saya sebenarnya tidak paham merk audio yang bagus, bagi saya asal harga realistis dan pas di kantong serta cocok dihati maka saya beli. Karena niat saya hanya mencari pengganti power audio bawaan yang terbakar tadi. Toh merk power yang lama saya juga nggak kenal :mrgreen:
image
Mari kita belajar cara pasangnya :D
Sebelum memasang ada beberapa hal yang perlu di ketahui, diantaranya adanya jalur power supply dengan 3 terminal yaitu Rem, B+ dan GND. Ketiga terminal tersebut memiliki arti sebagai berikut :
B+ atau +12V pada power amplifier Audio Mobil berfungsi untuk kabel power positif dari Aki dengan kemampuan arus besar, jadi musti harus menggunakan kabel dan sekring besar yang banyak di jual di toko Audio Mobil.
GND atau Ground pada power amplifier ini berfungsi untuk sambungan kabel Ground atau kabel ke Body, ukuran kabel ground ini juga sama dengan ukuran kabel B+, kebanyakan kabel ground ini terpasang di baut-baut jok untuk terhubung ke Ground.
REM pada power amplifier berfungsi untuk remote artinya untuk meremote hidupnya power amplifier ketika head unit hidup dan terminal untuk rem ini tersambung dengan kabel tulisan remote yang terdapat pada tape atau head unit.
image
Sebenarnya untuk si kebo saya tinggal colok saja, karena kabel RCA dari Head unit, kabel (+) dari aki, kabel REM dari head unit, kabel ground, kabel menuju crossover dan kabel ke sub subwoofer sudah tersedia. Tapi tidak ada salahnya mengikuti petunjuk dari kiosban.com sebagai berikut :
  1. Lakukan ini selalu jika anda mengerjakan system kelistrikan pada kendaraan anda sehingga menghindari konslet
  2. Pasang kabel merah (+) dari aki, pasang sekring (45cm setelah aki), kemudian menghubungkan kabel yang keluar dari sekring ke amplifier (+) 12Volt DC. Guna menghindari terjadinya distorsi usahakan kabel positif (+) tidak dekat dengan kabel RCA, ataupun dengan kabel speaker.
  3. Pasang kabel ground pada baut yang menempel dibodi, pastikan baut tersebut baik kondisinya, tidak karatan, amplas permukaan bodi hingga terlihat plat besi, pasang kabel ground dan baut.
  4. Lepas head unit serta pasang kabel remote yang ada pada head unit ke amplifier, kemudian pasang RCA jack yang juga terletak dibagian belakang head unit, pastikan tepat posisinya (speaker kiri dan speaker kanan).
  5. Lanjutkan dengan memasang kabel speaker (gunakan isolasi kertas serta beri tanda untuk (+) dan (-), kemudian pasang kabel speaker pada terminal (+) amplifier serta (-) amplifier gunakan sekun serta solder sehingga kuat dan rapih.
  6. Jika anda memasang subwoofer, pasang kabel subwoofer (+) serta (-) kemudian sesuaikan juga di amplifier.
  7. Pastikan amplifier telah duduk dengan baik, perlu diperhatikan juga sirkulasi udara disekitar amplifier, karena amplifier mudah panas, serta perlu ruangan yang cukup, dimaksudkan sehingga umur pakai amplifier tahan lama.
  8. Pasang kembali kabel min (-) aki, set volume pada head unit low,Selanjutnya naikan tahap demi tahap, tes suara yang dihasilkan terhadap masing-masing speaker, sebelum anda merapikan pekerjaan anda.
  9. Jika suara yang dihasilkan terhadap masing-masing speaker terdengar baik,rapihkan pekerjaan anda kemudian setel amplifier sesuai dengan karakter suara yang tentunya menjadi keinginan anda.
Kemudian secara ringkas diagram/skema instalasi dapat dilihat pada gambar berikut :
sumber Blibagus.com
sumber Blibagus.com
Atau seperti ini :
sumber avanzaxenia.net
sumber avanzaxenia.net
Dan seperti ini :
SKEMA CARA PASANG POWER AUDIO MOBIL
Gunakan kabel yang sesuai dengan spesifikasinya, setiap sambungan agar diperiksa dan diberikan isolator secara kuat agar tidak terjadi kebocoran. Monggo disesuaikan mana yang lebih mudah dipahami :mrgreen:
Demikian cara pasang power amplifier di mobil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. :wink:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar